Kamis, 09 Februari 2012

Prom and Prejudice yang Menceriakan Masa Kehamilan



Judul: Prom and Prejudice
Penulis: Elizabeth Eulberg
Penyunting: Dhewiberta Hardjono
Penerbit: Bentang Belia
===============
Usia kehamilan saya baru menginjak akhir trimester pertama kala mulai menerjemahkan Prom & Prejudice. Nuansa tulisan Elizabeth Eulberg mengingatkan saya pada tontonan semasa remaja, seperti film Mean Girls serta beberapa tayangan serial televisi seperti Clueless, Popular dan Sabrina the Teenage Witch.
Dengan plot dan nama tokoh berdasarkan buku Pride & Prejudice, Prom & Prejudice mengisahkan Elizabeth Bennet, anak beasiswa di sekolah elit Akademi Longbourn. Dinamika kehidupan Elizabeth diwarnai dengan bullying, pesta dansa, permainan piano, dan tentu saja, Will Darcy.

Bagian favorit saya adalah obrolan antara George Wickham dan Elizabeth Bennet, seperti:
“Charles Bingley’s party?”
I was surprised. “Yes — how did you know about that?”
“You don’t give us townies enough credit. We find out about the parties, and a few of us usually crash. With all the students around, nobody seems to notice.”

Yang saya terjemahkan menjadi:
“Pesta-nya Charles Bingley?”
Aku kaget. “Ya—kok tahu?”
“Ah, kalian memang sering tak menghargai kami, anak lokal. Padahal kami tahu lho tempat mana saja yang menggelar pesta. Beberapa dari kami bahkan bisa menyelonong masuk tanpa diundang. Karena banyak orang, sepertinya nggak ada yang ngeh.”
***
Tantangan lain hadir kala saya mengerjakan naskah ini saat mudik ke kampung halaman suami, Banjarnegara. Terbiasa bekerja sambil online membuka Kateglo, Catatan Penerjemahan dan Google, selama dua minggu saya harus membiasakan diri bekerja tanpa internet. Ini karena, kami tak punya portable modem, sementara rumah Banjarnegara juga jauh dari warnet. Saya pun menyiasati kondisi ini dengan menandai kata-kata yang perlu riset internet. Dan saat akan setor terjemahan, saya browsing maknanya dulu.

Secara keseluruhan, menggarap naskah ini sungguh menceriakan masa kehamilan saya. Salah dua lagu yang sering saya dengarkan saat mengerjakan Prom & Prejudice adalah: Miss Independent (Kelly Clarkson) dan Graduation (Vitamin C). Penggalan lirik yang menurut saya pas dengan buku ini:

“What happened to Miss Independent?
No longer need to be defensive
Goodbye, old you, when love is true” (Miss Independent, Kelly Clarkson)

0 komentar:

Posting Komentar