Selasa, 29 Oktober 2013

Merancang Konsep Cover Fiksi Sejarah

Novel ini bergenre roman sejarah dengan latar belakang peristiwa G 30 S/PKI. Namun saya tak menginginkan adanya simbol-simbol PKI dalam cover. 


Saya ingin menghadirkan 'feel'nya dalam nuansa muram yang saya rasakan saat melihat poster film 40 Years of Silence. Film ini merupakan film dokumenter tentang orang-orang yang dulunya PKI. Saya suka sekali unsur burung gagak hitam, bayangan pohon beringin, serta langit senja yang agak merah dalam poster film tersebut.  



Nah, karena tokoh utama pria dalam novel ini bekerja sebagai juru ketik, saya ingin objek utama cover adalah unsur-unsur tersebut, seperti mesin tik, atau kertas. Bisa juga ditambahkan beberapa foto lama hitam putih. 



Sampel yang saya kirimkan pada desainer cover adalah: 



 Poster film 40 Years of Silence

Dan hasilnya adalah: 

0 komentar:

Posting Komentar