Senin, 13 Desember 2010

Buku-buku yang Saya Suka


Beberapa waktu lalu, saya pernah mendapat pertanyaan "Mbak Retno sukanya baca apa?" Suatu pertanyaan yang saya renungkan jawabannya untuk waktu yang cukup lama. 

Dan jawabannya adalah:



Saya suka membaca buku-buku thriller. Terutama saat tokohnya--baik antagonis maupun protagonis-- mengalami gangguan psikologis. Buat saya--yang tertarik pada psikologi--selalu menarik untuk membaca kisah-kisah seperti ini.

Saya suka membaca roman. Terutama saat tidak mengeksplorasi seks dan bisa romantis dengan porsi yang pas.

Saya suka membaca sastra. Apalagi saat penulis tersebut banyak menggunakan improvisasi kalimat dan kosakata yang tak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya.

Saya suka membaca karya klasik. Karena saya jadi belajar tentang nilai-nilai kehidupan yang tak lekang dimakan zaman.

Saya suka membaca sains-fiksi. Terutama saat risetnya mendalam. Saya jadi belajar banyak hal.

Saya suka membaca buku anak. Terutama saat ia berrima dan dihiasi ilustrasi yang indah-indah.

Saya suka membaca komik ataupun novel grafis. Karena menyenangkan untuk menyelami pikiran pembuatnya yang tertuang dalam gambar.

Saya suka membaca buku-buku agama. Terutama saat ia bertutur dengan santun, tenang, tidak menggurui, tidak menghakimi, dan mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari.

Saya suka membaca kisah-kisah perjalanan. Terutama saat ia deskriptif. Karena hanya dengan membacanya, rasanya saya bisa menghirup udara tempat itu, menatap, mendengar dan mencecap rasa.

Saya suka membaca kisah-kisah para penulis. Karena saya jadi tahu, apa yang membuat mereka menulis dan menyampaikan pesan baik secara tersirat maupun tersurat dalam karya-karya mereka.

Saya suka membaca kisah-kisah inspiratif. Terutama saat tulisan itu berbagi dengan cara yang pas dan nyaman bagi pembaca.

Saya suka membaca buku tips & trik ataupun motivasional. Terutama saat tidak sekedar bertutur tentang common sense, tapi memberikan tips dan trik nyata.

Saya suka membaca chicklit. Terutama saat temanya menarik. Yang ini, tentu terkait dengan selera pribadi, ya :)

Saya suka membaca buku terjemahan. Terutama saat terjemahannya pas dengan konteks Indonesia. Kalau sedang luang dan menemukan buku tersebut dalam versi bahasa Inggrisnya, saya juga berusaha membacanya. Demi lebih 'merasakan' kalimat-kalimat asli yang ditulis si penulis.

Saya suka membaca buku humor dan komedi. Terutama saat humornya cerdas.

Saya suka membaca buku filsafat. Terutama saat ia tidak mendiskreditkan agama atau kepercayaan tertentu, sekaligus bisa membuat saya menjangkau Tuhan.

Saya suka membaca tulisan feature. Terutama saat ia bisa bertutur dengan sederhana dan menyenangkan mengenai hal-hal rumit.

Tapi kalau semua jawaban panjang ini boleh disimpulkan, maka saya akan menjawab: "Saya senang membaca tulisan ataupun buku yang ditulis dengan sepenuh hati, tulus, rendah hati, dan membuat saya menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari." :)

0 komentar:

Posting Komentar